02 September 2018

Hati

A.   Penjelasan
Hati (hepar) merupakan kelenjar terbesar yang terletak di dalam rongga perut. Besarnya hampir sama dengan lambung bahkan lebih besar, beratnya sekitar 2 kg pada orang dewasa. Letaknya di rongga perut sebelah kanan tepatnya di bawah sekat rongga dada atau diafragma yang melebar dari sebelah kanan ke kiri sehingga menutupi sebagian lambung dan berwarna kecokelat-cokelatan. Hati sebagai alat ekskresi karena pada organ hati terdapat kantung empedu yang  mengeluarkan cairan empedu ke dalam usus dua belas jari yang bermanfaat untuk pencernaan lemak.
Sebagai alat pengeluaran, hati menyaring bilirubin hasil penghancuran sel-sel darah merah dari darah kemudian membuangnya bersamaan dengan cairan empedu. Jika hati tidak mampu menyaring bilirubin dari darah, maka bilirubin yang berwarna kekuningan akan menumpuk pada jaringan-jaringan lain dan menyebabkan warna kuning pada kulit dan mata. Di samping itu, jika terjadi penyumbatan pada pembuluh empedu, cairan empedu juga akan masuk ke dalam sistem peredaran darah. Akibatnya cairan darah menjadi lebih kuning, dan menyebabkan warna kulit serta mata menjadi kuning. Gejala seperti ini biasa disebut dengan penyakit kuning.
B.   Fungsi Hati
1.    Membuat empedu yang membantu mengemulsikan lemak.
2.    Menawarkan bermacam-macam racun.
3.    Menyimpan gula dalam bentuk gula otot (glikogen).
4.    Tempat pembentukan dan perombakan protein.
5.    Tempat pengubahan provitamin A menjadi vitamin A.
6.    Mengatur kadar gula dalam darah.
C.   Beberapa Penyakit yang Menyerang Hati
1.    Hepatitis A dan hepatitis B, yaitu radang hati yang disebabkan oleh virus penyakit hepatitis.
2.    Shirrhosis, merupakan keadaan jaringan hati yang menyusut. Penyakit ini menunjukkan gejala penyakit kuning dan meningkatkan kepekaan terhadap obat-obatan. Dapat disebabkan oleh hepatitis, bahan kimia tertentu dan alkohol.
3.    Penyakit kuning : Penyakit ini adalah masuknya cairan empedu ke dalam darah dan mengakibatkan darah berwarna kuning. Hal ini disebabkan oleh tersumbatnya saluran empedu yang menuju usus dua belas jari tersumbat.

No comments:

Post a Comment